Jumat, 02 Maret 2012


PENETAPAN
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM)
Mata Pelajaran
: Bahasa Indonesia 
Besarnya KKM 
: 70
Kelas/Semester  
: VI / I


Standad Kompetensi
Kompetensi asar
Komplek sitas
Sumber daya Pendukung
Intake (Potensi Siswa)
Ketuntasan KD
Pendidik
Sarana/ Prasarana
Rata-rata
(%)
Memahami teks dan cerita anak yang dibacakan.
o   Menulis hal-hal penting / pokok dari suatu teks yang dibacakan.






70
75
65
70
70
70
o    Mengidentifikasi tokoh, watak, latar, tema, atau amanat dari cerita anak yang dibacakan.







80
70
70
70
75
75







Memberikan informasi
o    Menyampaikan pesan/informasi yang diperoleh dari berbagai media dengan bahasa yang runtut, baik, dan benar.






dan tanggapan secara lisan
70
70
65
68
70
69

o    Menanggapi (mengkritik/memuji) se –







      suatu hal disertai alasan dengan menggunakan bahasa yang runtut.
70
70
65
68
75
71
Memahami teks dengan
o   Mendeskriksikan isi dan teknik penyajian suatu laporan hasil pengamatan /






membaca inisiatif  dan
     kunjungan.
70
65
65
65
70
68
membaca sekilas.
o   Menanggapi informasi dari kolom/rubrik khusus







      (majalah anak, koran, dan lain-lain).
70
65
65
65
65
67
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk formulir, ringkasan, dialog, dan parafrase.
o   Mengisi formulir (pendaftaran, kartu






     anggota, wesel pos, daftar riwayat   hidup, dan lain-lain) dengan benar.
80
75
65
70
70
73







o  Membuat ringkasan dari teks yang dibaca atau didengar.  
70
70
70
70
70
70







Dst . . .(semua KD smt I)














563

KKM IPS KELAS IV Smt I
=
563
= 70
8
Keterangan


*)   Pendidik
: Evaluasi terhadap kemampuan diri sendiri

**) Sarana prasarana
: Alat Peraga, Media, Buku Teks, lingkungan


Rentang nilai antara 40 – 100, merupakan nilai yang dapat ditentukan oleh sekolah
untuk menentukan berapa besar kekuatan untuk masing-masing aspek/komponen.

Rentang Nilai:

80-100
 : Tinggi

60-79
  : Sedang

40-59
  : Rendah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar